Serangga Terpanjang di Dunia ada Di Borneo Indonesia

Oktober 4, 2010


roabaca.com, – Phobaeticus Chani Photo:Orang Asli/AFP Foto: Orang Asli / AFP  – Serangga terpanjang Didunia dengan panjang 36 sentimeter

Ini-ekor siput panjang, ditemukan pada daun-di ketinggian di hutan, merupakan bagian dari keluarga invertebrata yang tidak biasa
Photograph: Memo Schilthuizen/WWF Foto: Memo Schilthuizen / WWF

Peneliti  Wildlife mengatakan, mereka telah menemukan 123 spesies baru di pulau Kalimantan, termasuk kodok berkepala datar, serangga terpanjang di dunia dan siput ekor panjang.

Kelompok konservasi WWF menemukan tempat penelitian di daerah terpencil yang dengan hutan lebat, hutan hujan tropis yang berbatasan dengan Malaysia, dan Brunei di Kalimantan (Indonesia).

pada tahun 2007 ditunjuk 220.000 kilometer persegi (88.000 mil persegi) kawasan sebagai “Heart of Borneo” dalam upaya untuk melestarikan hutan tropis.

“Kami telah menemukan rata-rata tiga spesies baru satu bulan dan sekitar 123 selama tiga tahun terakhir, dengan sedikitnya 600 spesies baru ditemukan dalam 15 tahun terakhir,” kata Adam Tomasek, kepala WWF Heart of inisiatif Borneo AFP dari Brunei.

kalimantanensis Barbourula kalimantanensis

Photo: AFP/HO/File/David Bickford Foto: AFP / HO / File / David Bickford

“Penemuan baru saja menunjukkan kekayaan keanekaragaman hayati di Pulau Kalimantan dan janji masa depan lebih banyak penemuan yang akhirnya bisa membantu mengobati penyakit seperti kanker dan AIDS dan berkontribusi untuk kehidupan sehari-hari kita,” katanya.

The “Heart of Borneo” adalah wilayah  rumah bagi 10 jenis primata, lebih dari 350 burung, 150 reptil dan amfibi dan sekitar 10.000 tanaman yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia, kata laporan itu.

Penemuan mereka diantaranya adalah tujuh sentimeter (tiga inci) kodok berkepala datar, yang dikenal sebagai “kalimantanensis Barbourula”, ditemukan pada tahun 2008 dan yang bernafas sepenuhnya melalui kulitnya bukan paru-paru.

Para peneliti pada tahun yang sama juga menemukan “Phobaeticus chani”, Serangga terpanjang Didunia dengan panjang 36 sentimeter. Hanya tiga spesimen makhluk itu pernah ditemukan.

Hal lain yang menarik adalah ditemukan Siput ekor panjang yang menggunakan “panah cinta” terbuat dari kalsium karbonat untuk menembus dan menyuntikkan hormon ke pasangan untuk meningkatkan peluang reproduksi.

“Apa yang kita inginkan adalah memiliki keseimbangan sehingga kita memiliki dasar konservasi dan pembangunan berkelanjutan untuk melindungi situs ini unik untuk generasi mendatang,” tambahnya.

2 Responses to “Serangga Terpanjang di Dunia ada Di Borneo Indonesia”

  1. Fhendy Says:

    Nice info gan,indonesia memang kaya ragam hayati….

  2. KISAH SUKSES NURDIN JAMAL Says:

    ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,JATI LUHUR KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, JATI LUHUR KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI JATI LUHUR DI NMR (_+_6_2_8_5_2_2_9_4_8_7_8_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK) http://www.uangghaib.webs.com SAYA SUDAH
    BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: